Program PAMSIMAS


Program PAMSIMAS merupakan salah satu program dan aksi nyata pemerintah (pusat dan daerah) dengan dukungan Bank Dunia, untuk meningkatkan penyediaan air minum, sanitasi, dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat terutama dalam menurunkan angka penyakit diare dan penyakit lainnya yang ditularkan melalui air dan lingkungan. Ruang lingkup kegiatan Program PAMSIMAS mencakup 5 (lima) komponen proyek (RKM Desa Pajerukan Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas tahun 2009)  yaitu :
1)        Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Kelembagaan Lokal;
2)        Peningkatan Kesehatan dan Perilaku Higienis dan Pelayanan Sanitasi;
3)        Penyediaan Sarana Air Minum dan Sanitasi Umum;
4)        Penyediaan Sarana Air Minum dan Sanitasi Umum; dan
5)        Dukungan Pelaksanaan dan Manajemen Proyek.

Pemerintah menyadari bahwa program penyediaan air minum, sanitasi, dan kesehatan akan efektif dan berkelanjutan bila berbasis pada masyarakat. Karena itu, dalam implementasinya program ini dilaksanakan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat, baik perempuan, laki-laki, orang kaya maupun miskin.
Pola pendekatan yang dilakukan ialah yang tanggap terhadap kebutuhan masyarakat (demand responsive approach). Artinya, penyediaan sarana atau kegiatan-kegiatan yang dilakukan adalah yang diinginkan atau dibutuhkan masyarakat. Dan karena sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat, berarti masyarakat pun harus bersedia berkontribusi dan membiayai, mengelola serta memelihara sehingga dapat menumbuhkan rasa memiliki terhadap kegiatan yang dilakukan.
Program PAMSIMAS bertujuan untuk meningkatkan akses  layanan air minum dan sanitasi bagi masyarakat miskin perdesaan khususnya masyarakat di desa tertinggal dan masyarakat di pinggiran kota (peri-urban) (RKM Desa Pajerukan Kecamatan Kalibagor Kabupaten Banyumas tahun 2009). Secara lebih rinci Program PAMSIMAS bertujuan untuk:
a.      Meningkatkan praktek hidup bersih dan sehat di masyarakat;
b.     Meningkatkan jumlah masyarakat yang memiliki akses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan;
c.      Meningkatkan kapasitas masyarakat dan kelembagaan lokal (pemerintah daerah maupun masyarakat) dalam penyelenggaraan layanan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat;
d.     Meningkatkan efektivitas dan kesinambungan jangka panjang pembangunan sarana dan prasarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat;

Sasaran program ini adalah kelompok miskin di perdesaan dan pinggiran kota (peri-urban) yang memiliki prevalensi penyakit terkait air yang tinggi dan belum mendapatkan akses layanan air minum dan sanitasi. Salah satu kebutuhan penting akan kesehatan lingkungan adalah masalah air bersih dan sanitasi, yaitu kebutuhan akan air bersih dan pembuangan air limbah yang langsung dialirkan pada saluran/sungai sehingga dapat menimbulkan penyakit.
Kondisi sanitasi yang buruk dan ketersediaan air minum yang tidak memenuhi syarat kesehatan berkontribusi terhadap kasus penyakit berbasis lingkungan. Beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh sanitasi yang kurang baik di antaranya adalah diare, demam berdarah, disentri, hepatitis A, kolera, tiphus, cacingan, malaria. Hal ini terlihat kecenderungan penderita diare yang meningkat dan terkadang menimbulkan kejadian luar biasa bahkan hingga kematian.
Prinsip pendekatan pelaksanaan Program PAMSIMAS adalah sebagai berikut:
a.       Berbasis masyarakat
Seluruh proses perencanaan kegiatan PAMSIMAS seperti pemilihan kebutuhan air dan pelaksanaan kegiatan menyertakan partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat tidak terkecuali kaum perempuan. Hal ini sebagai pengejawantahan atas pemenuhan kebutuhan masyarakat atas layanan air minum dan sanitasi, sehingga diharapkan sarana dan prasarana yang terbangun dipelihara dan dikelola secara berkesinambungan oleh masyarakat.
b.      Kemitraan
Antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dengan masyarakat setempat dalam penyelenggaraan kegiatan PAMSIMAS, dalam hal ini pemerintah berperan sebagai fasilitator.
c.       Partisipatif
Artinya masyarakat terlibat secara aktif dalam seluruh kegiatan PAMSIMAS mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan pemanfaatan.


d.      Transparansi
Penyelenggaraan kegiatan PAMSIMAS dilakukan bersama dengan masyarakat dan seluruh kegiatan dapat diakses data/informasinya melalui media  oleh masyarakat dan seluruh stakeholder.
e.       Tanggap kebutuhan
Penyelenggaraan kegiatan PAMSIMAS berdasarkan kebutuhan masyarakat akan layanan air minum, sanitasi, dan kesehatan, dengan memberi kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk memberikan pilihan dan hak bersuara dalam keseluruhan tahapan kegiatan PAMSIMAS. 
f.        Reward and development
Artinya dana hibah PAMSIMAS merupakan reward dan sekaligus sebagai upaya untuk mendevelopkesadaran masyarakat dalam memprioritaskan kepentingan bersama dan keberpihakan pada masyarakat miskin dan orang-orang rentan dan terisolasi (IVP) dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui peningkatan layanan air minum dan sanitasi lingkungan serta praktek hidup bersih dan sehat.
g.       Tepat mutu
Artinya pembangunan yang berkualitas. Semua fasilitas yang dibangun harus memenuhi rancangan/disain dan standar teknik yang ditetapkan, dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas.
h.       Kesinambungan dan keberlanjutan sarana
Sarana yang dibangun dapat  menyediakan air bersih secara kontinyu dengan kualitas yang dapat diterima (baik dari sudut pandang pengguna maupun pemerintah) dan memenuhi kebutuhan kuantitas domestik, serta masyarakat turut serta memelihara sarana tersebut agar tetap berfungsi.
i.         Keberpihakan pada masyarakat miskin
Artinya orientasi kegiatan dalam proses maupun pemanfaatan berguna bagi masyarakat miskin
j.        Kesetaraan gender
Artinya program PAMSIMAS memberikan kesempatan yang sama kepada perempuan, seperti halnya laki-laki, untuk berpartisipasi dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemeliharaan/pengelolaan kegiatan di masyarakat.
k.      Dapat dipertanggung-jawabkan
Penyelenggaraan kegiatan harus dapat dipertanggungjawabkan dalam hal tepat sasaran, tepat waktu, tepat pembiayaan dan ketepatan mutu pekerjaan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment