Tahapan Prosedur Analisis Kebijakan

Menurut William Dunn (2002), kebijakan yang berorientasi pada masalah berdasarkan tahap prosedur analisis adalah sebagai berikut :
  1. Permasalahan kebijakan adalah kebutuhan baik fisik maupun non fisik/tata nilai yang belum dapat dipenuhi atau kondisi yang    menggangu    dan    perlu    diatasi    oleh    tindakan publik/pemerintah.
  2. Masa depan kebijakan adalah suatu kemungkinan keadaan (nilai, kebutuhan, kesempatan) dimasa mendatang akibat dari pilihan terhadap alternatif kebijakan.
  3. Tindakan kebijakan adalah tindakan/aksi yang disusun berdasarkan    suatu    pilihan    alternative kebijakan    untuk mencapai tujuan dan sasaran yang diinginkan.
  4. Hasil kebijakan adalah konsekuensi atau akibat dari tindakan kebijakan yang dilakukan.
  5. Kinerja kebijakan adalah tingkat kemampuan atau hasil kebijakan terhadap pemenuhan/pencapaian nilai, kebutuhan dan kesempatan.
Jadi berkaitan dengan konsep analisis kebijakan, Charles O. Jones dalam    Nugroho  (2000) mempunyai pemikiran    tentang pendekatan analisis kebijakan publik. Cara pendekatan tersebut adalah tentang pemahaman daur ulang kebijakan dengan melihat tahapan serta proses-prosesnya. Cara ini memberi peluang dalam kegiatan analisis perbandingan antara daur kebijakan pada sistem politik yangcirinya berbeda diantara tipe-tipe kebijakan yang berbeda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment