proses kebijakan publik

kebijakan publik tidak begitu saja lahir, tetapi melalui proses atau tahapan yang cukup panjang. menurut thomas r. dye menyatakan bahwa proses kebijakan publik terdiri beberapa tahapan sebagai berikut :

  1. identifikasi masalah kebijakan (identification of policy problem), dapat dilakukan melalui identifikasi apa yang menjadi tuntutan (demands) atau tindakan pemerintah.
  2. penyusunan agenda (agenda setting), merupakan aktivitas memfokuskan perhatian pada pejabat publik dan media masa atas keputusan apa yang akan diputuskan terhadap masalah publik tertentu.
  3. perumusan kebijakan (policy formulation), merupakan tahapan pengusulan rumusan kebijakan melalui inisiasi dan penyusunan usulan kebijakan melalui organisasi perencanaan kebijakan, kelompok kepentingan, birokrasi pemerintah, presiden dan lembaga legislatif.
  4. pengesahan kebijakan (legitimating of policies), melalui tindakan politik oleh partai politik, kelompok penekan, presiden dan kongres.
  5.  implementasi kebijakan (policy implementation) dilakukan melalui birokrasi, anggaran publik dan aktivitas agen ekskutif yang terorganisasi.
  6. evaluasi kebijakan (policy evaluation) dilakukan oleh lembaga pemerintah sendiri, konsultan di luar pemerintah, pers dan masyarakat (publik).

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment