RESUME MODEL ANALISIS KEBIJAKAN (Menurut William N. Dunn)

Analisis Kebijakan Prospektif

Analisis ini berasal dari penciptaan dan pemindahan informasi sebelum tindakan kebijakan ditentukan dan dilaksanakan. Ciri-cirinya adalah:

1. mengabungkan, memilih dan membandingkan informasi dari berbagai alternatif yang tersedia
2. meramal secara kuantitatif dan kualitatif untuk pedoman pembuatan keputusan kebijakan
3. secara konseptual tidak termasuk pengumpulan informasi.

Namun analisis ini sering menimbulkan pertentangan antara pemecahan masalah dengan upaya-upaya pemerintah untuk memecahkannya.



Analisis Kebijakan Retrospektif

Bentuk analisis ini selaras dengan deskripsi penelitian, dengan tujuannya adalah penciptaan dan pemindahan informasi setelah tindakan kebijakan diambil. Beberapa analisis kebijakan restropektif, adalah:

1. Analisis berorientasi disiplin, lebih terfokus pada pengembangan dan pengujian teori dasar dalam disiplin keilmuan, dan menjelaskan sebab akibat kebijakan.

2. Analisis berorientasi masalah, menitikberatkan pada aspek hubungan sebab akibat dari kebijakan, bersifat terapan, namun masih bersifat umum.

3. Analisis beriorientasi pada aplikasi (penerapan), menjelaskan hubungan kausalitas, lebih tajam untuk mengidentifikasi tujuan dan sasaran dari kebijakan dan para pelakunya. Informasi yang dihasilkan dapat digunakan untuk mengevaluasi hasil kebijakan khusus, merumuskan masalah kebijakan, membangun alternatif kebijakan yang baru, dan mengarah pada pemecahan masalah praktis.



Analisis Kebijakan yang Terintegrasi

Meruapakan bentuk analisis yang menggabungkan gaya operasi praktisi terutama pada penciptaan dan transformasi informasi sebelum dan sesudah tindakan kebijakan diambil. Namun, analisis ini tidak hanya mengharuskan para analis untuk mengkaitkan tahap penyelidikan retrospektif dan perspektif, tetapi juga menuntut para analis untuk terus menerus menghasilkan dan mentransformasikan informasi setiap saat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment